Minggu, 09 September 2012

BELAJAR BAHASA ARAB

 bismillahirrahmanirrahim…

1. Akh (saudara pria 1 orang)
2. Akhi (saudaraku pria 1 orang)
3. Ukht (saudari prp 1 org)
4. Ukhti (saudariku prp 1 org)
5. Ikhwan/ikhwah (saudara pria banyak)
6. Akhawat (bukan akhwat, saudari perempuan banyak)
7. Ana (saya, dalam bahasa Betawi digunakan ane)
8. Anta (Anda, untuk laki2. Dalam bahasa Betawi digunakan ente)
9. Anti (Anda, untuk perempuan)
10. Antum (Kalian, untuk laki-laki banyak. Tapi kata ini sering juga digunakan untuk Anda (1 laki-laki), dalam rangka penghormatan). Misalnya ketika berbicara kepada yang lebih tua atau dihormati, digunakan kata Antum meskipun orangnya satu.
11. Jazaakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan, untuk saudara laki-laki 1 orang).
12. Jazakumullah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan, untuk laki-laki banyak, bisa juga digunakan untuk campur laki-laki dan perempuan banyak)
13. Jazaakillah (untuk perempuan 1 orang)
14. Wa iyyaka (semoga engkau juga dibalas dengan kebaikan, jawaban bagi yang mengucapkan jazaakallah, untuk laki-laki)
15. Wa iyyaki (sama dengan: no 14, tapi untuk perempuan).
16. Syukran (terima kasih, bisa untuk laki-laki atau perempuan).
17. Afwan (sama-sama, jawaban untuk org yg mengucapkan syukran). Tapi, afwan secara asal artinya: maaf. Karenanya biasa digunakan di awal pembicaraan. Misal : afwan, ana telat. (Maaf, saya terlambat). Padahal, kalimat ini jarang digunakan oleh orang Arab.
21. Syafahallah (semoga Allah menyembuhkannya, buat perempuan 1 orang). Syafahallah kalo orangnya orang ke-3 dia perempuan, kalo kamu perempuan syafakillah.
22. Fii amaanillah (Semoga dalam lindungan Allah)
23. Ilalliqa’ (Sampai ketemu lagi, diucapkan oleh orang yang mau pamit)
24. Ma’as salaamah (semoga dalam keselamatan, dijawab oleh yang dipamitin)
25. Baarakallah (semoga Allah memberkahi, bisa untuk laki-laki atau perempuan)
26. Baarakallahu laka (sama dengan no 25, khusus buat laki-laki)
27. Baarakallahu laki (sama dengan no 26, khusus perempuan)
28. Ahsanta (Engkau bagus, untuk laki-laki 1orang. Biasanya digunakan buat memberikan pujian ketika seseorang melakukan keberhasilan)
29. Ahsanti (sama dengan no 28 untuk perempuan 1 orang)
30. Na’am (Ya, buat laki-laki atau perempuan), La (Tidak, buat laki-laki atau perempuan)
31. Shahih (Benar)
32. Yakfi (Cukup. Dalam bahasa Inggris sama dengan kata enough).
33. Tafadhdhal (silakan,untuk laki2 1 orang, tapi bisa juga untuk umum).
34. Tafadhdhalii (silakan, untuk perempuan 1 orang)
35. Mumtaaz (Keren, bagus banget, untuk pujian)
36. Laa Adri (Tidak tahu)
37. Shadaqta (Engkau benar, untuk laki-laki. Untuk perempuan : shadaqti)

Postingan ini akan saya terus berbarui, jika ada penambahan. InsyaAllah. :)
Oh ya,, berbagi lagi yaa dengan yang lain. Selamat berbagi, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar